Senin, 31 Januari 2011

Langkah merubah Tabung Monitor jadi Tabung tv

Sebelum merubah, baiknya lihat dulu perbedaan dan keterangan berikut: Tabung TV terdiri dari 325x288 dot PAL-RGB, Tabung monitor, tergantung pada maksimal resolusinya, umumnya 1024x768 dot RGB. Dalam proses pencetakan gambar pada layar/tabung, diperlukan frekuensi horisontal TV berkisar 15KHz dan monitor mulai dari 33KHz (tergantung dari resolusi yang dipakai), sedangkan frekuensi vertikalnya 50/60 Hz untuk TV dan 50 s/d 75Hz (itu juga tergantung resolusi dan setting). Karena frekuensi yang dipakai berbeda jauh (dua kali atau lebih), secara otomatis, komponen, rangkaian dan kualitas komponen juga jauh berbeda.
Tetapi kalo memang tabung monitor mau dipaksakan untuk TV, bisa-bisa saja. Langkah2nya:
1. Pilih tabung monitor yang jumlah dan struktur pinnya sama, atau minimal pin-pin tabung diketahui satu persatu. Kemudian konekkan ke RGB out mesin TV, pastikan semua sambungan benar.
2. Gunakan yoke dan cincin aslinya (asli yang terpasang di tbg monitor), ukur resistansi kumparan defleksi horisontal (kbl biru-merah), umumnya untuk TV sekitar 2,5 s/d 4 ohm. Jika kurang dari itu, ubah susunan koneksi kumparan defleksi dari paralel menjadi seri (dengan tujuan membesarkan nilai resistansi/induktansinya), jika belum mencapai nilai 2,5 s/d 4 ohm, sebaiknya jangan dipakai (kecuali Anda siap untuk menyediakan tranformator untuk menambah induktansinya). Ukur Resistansi defleksi vertikal (kbl kuning-oranye), nilai normal untuk TV sekitar 8 s/d 12 ohm. jika kurang dari 8 ohm, sebaiknya jangan dipakai (atau Anda harus lihai untuk mengesetnya). JANGAN menggunakan Yoke untuk tabung TV (ingat, TV hanya berresolusi 325x288 jadi electron_landing-nya tidak sama, kalo dipaksakan, akan ada pesta pelangi).
3. Jika semua sudah sesuai apa yang diharapkan, konekkan semua kabel ke tempat masing-masing, dicek lagi lalu hidupkan TV.
4. Jika kurang lebar (kanan-kiri) Anda bisa mengeset/menaikkan nilai kapasitor damper (C dari kolektor TR horisontal ke ground), ATAU pada mesin TV made in China, Anda bisa memilih port-port untuk koneksi defleksi H+ yang tersedia.
5. Jika lebar telah sesuai yang diharapkan, silahkan Adjust V-Size, dan teman-temannya.
6. Selamat menonton TV dengan tabung monitor rekondisi. Tapi jangan heran jika gambarnya terdapat garis-garis hitam halus mendatar dari atas sampai bawah. Itu dikarenakan gambar resolusi kecil (325x288) dipaksakan pada layar dengan resolusi lebih besar (misalnya, 1024x768), kesimpulannya TIDAK sehalus jika dipakai untuk monitor TV.

1 komentar:

DDPS CELL mengatakan...

caranya rubah susunan koneksi kumparan defleksi dari paralel menjadi seri biar bisa menjadi 2,5 s/d 4 ohm gimana bung Angga?
beritahu dong step by step klau bisa ada gbrnya gitu.

Tanks...
# DDPS Cell #.